;

27.7.17

Bergerak atau Tergantikan


Jalanan yang tak pernah lengang, deretan pengendara sepeda berlalu lalang di sepanjang jalan.
Jalanan kecil, pun jalanan besar di kampung yang ramai dengan penjual cilok, jajanan sempol, dan lainnya.

Aku bernyanyi-nyanyi riang, menyanyikan deretan lagu-lagu yang tidap pernah terupdate dan dengan lirik yang tidak pernah lengkap.

"It doesn't matter, i'm happy with it" ujarku saat orang-orang menertawakan nyanyianku.

Terlalu banyak orang yang kutemui setiap hari, terlalu banyak nama-nama yang harus aku hafalkan, ah aku tidak yakin akan mengingat mereka semua selepas aku pulang ke Solo.

Lalu lalang orang mengingatkanku akan sesuatu hal, aku teringat salah satu jargon yang kutemui di sebuah kegiatan di Bogor sekitar satu tahun yang lalu, "Bergerak atau Tergantikan"

Terlalu banyak orang yang aku temui disini, dari berbagai usia, berbagai rentang akademik.
Sebut saja, dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, mahasiswa berbagai semester, mahasiswa yang sedang menunggu wisuda, orang-orang yang sudah bekerja, bahkan ada pula lulusan master degree beberapa universitas.
Aku dapat menemukan mereka semua disini.

Belajar tanpa nama, tanpa tahu darimana asal dan latar belakang akademik.
Hanya berdasar kemampuan bahasa Inggris.

Aku sering merasa malu, terlihat gagap di depan anak-anak yang masih bersekolah
Minim vocabularies, pronunciation yang buruk, dan pengetahuan yang sangat minim.

Ratusan orang setiap hari melalui jalan-jalan ini, kurasa..
Dari berbagai lembaga-lembaga bahasa inggris yang aku pun kesusahan menghitungnya
Bertebaran tutor-tutor pengajar bahasa inggris dimana-mana
Ratusan kukira, jika aku mengalikan jumlah kelas-kelas di setiap lembaga-lembaga pendidikan bahasa inggris disini.

Ah, banyak sekali orang yang bisa berbahasa inggris dengan baik.

Lalu lalang orang mengingatkanku pula dengan banyaknya jumlah orang-orang yang belajar bahasa inggris, setiap minggunya, setiap bulannya, setiap tahunnya bahkan.

Mereka datang dari berbagai penjuru nusantara, dari berbagai latar belakang budaya.
Mendatangi sebuah kampung kecil di sebuah kabupaten kecil di Jawa Timur, Kabupaten Kediri demi memperbaiki kemampuan bahasa inggris.

Ah, aku sebenernya minder
Kupikir aku terlambat.

Banyak sekali orang-orang yang menyiapkan masa depannya dengan memulai satu langkahnya dengan bahasa inggris.

"Bergerak atau Tergantikan"

Begitu banyak orang yang sedang bergerak saat ini, begitu banyaknya, tak terhitung jumlahnya
Karena ketika hanya diam, kita akan begitu mudah ditinggalkan.

Tergantikan dengan mudahnya
Oleh mereka yang berkemampuan lebih.

Mari Bergerak!
Atau lambat laun kita akan Tergantikan oleh mereka yang terus bergerak.

0 comments:

Post a Comment