;

8.7.17

30 Hari Bercerita


Bismillah

Aku menyebut hari ini dan hari-hari ke depan adalah titian perjuangan
Aku membayangkan titian kayu berpenampang kecil yang harus dilewati dengan hati-hati
Berhati-hati atau jatuh sia-sia

Aku selalu percaya bahwa berangan-angan tanpa perjuangan adalah kesia-siaan
Sia-sia? Bukankah angan tak butuh biaya?
Iya benar.
Tapi kamu membutuhkan waktu

Bukankah waktu justru lebih berharga?

Berawal dari tugas peliputan event beberapa bulan yang lalu, tentang peluncuran buku dan program internasional kampus tercinta, aku menyadari bahwa ketidakbisaan harus dilawan
Percaya diri harus dibangun, sedini mungkin

"Wah, gila ya Mbak, program sekeren ini ga banyak mahasiswa yang tahu, padahal kampus udah baik banget ngadain program beginian" ujarku kepada rekan liputanku kala itu

Ia mengangguk-angguk mengiyakan

"Mbak, ayo daftar! kayaknya kesempatannya gede sih, ga banyak yang tahu" tambahku.

"Iya, aku mau coba" tuturnya sambil tersenyum

Hari berlalu, aku tetap diam di tempat hingga tenggat waktu pendaftaran selesai
Aku tak punya program yang diajukan, tak punya rencana, dan tak berusaha mengusahakan
Alasannya klise: minder, karena tak jago bahasa Inggris

Sedang rekan liputanku dulu yang bahkan aku mengajaknya mendaftar program dia lolos seleksi dan akan berangkat ke Belanda

Aku senang, hanya saja malu dengan diri sendiri

Lagi!

Ada program magang ke luar negeri yang fully funded tapi hanya kuacuhkan begitu saja
Masih dengan alasan yang sama
Sedangkan teman-temanku yang mendaftar banyak yang kemudian lolos

Aku semakin malu pada diri sendiri

"Is, Kamu ngga akan pernah bisa berbahasa Inggris sampai kamu mau belajar dan membiasakannya" ujarku pada diriku sendiri

Aku kembali mengingat hukum sebab akibat, bahwa apa yang kita tanam adalah apa yang kita unduh
Kalau kita tidak melakukan apapun, masak iya kita berharap akan mendapat apa yang kita inginkan?

Kemudian aku berpikir.
Bahasa Inggris akan sangat penting ke depan
Menjadi salah satu jembatan meraih harapan dan cita-citaku ke depan

Akhirnya kuputuskan merantau lebih jauh
Berbekal nekat dan semangat

Bismillah

Aku akan mengorbankan banyak hal
Aku menyebutnya investasi
Segala sesuatu perlu untuk dipersiapkan bukan?

Bismillah

Kepadamu, aku akan bercerita
Tentang memoar perjalanan dan ilmu-ilmu yang kutemukan di jalan
Aku akan bercerita
Tentang apa saja

Tunggu dan doakan aku..

0 comments:

Post a Comment