;

9.6.17

Tukang Komentar


Baru-baru ini aku sedang mengoreksi diriku sendiri
Aku baru menyadari bahwa aku memang suka berkomentar
Entah berkomentar tentang apapun itu
Entah dengan solusi maupun non solutif

Mungkin kadang orang-orang berpikir aku begitu menyebalkan
Terlalu banyak bicara dan berkomentar
Mengomentari berbagai persoalan

Mungkin pula orang-orang jadi begitu takut denganku
Atas komentar-komentar dariku
Atas saran-saran yang terkadang tak masuk akal

Mungkin orang-orang pun sebal denganku
Yang sering pula tak memberikan solusi atas hal-hal yang aku komentari

Tapi kembali lagi,

Bukankah ketika kita melihat sesuatu hal salah atau kurang benar kita memang berkewajiban untuk mengingatkan?

lantas apa yang salah dengan berkomentar?

Daripada kita diam saja melihat sesuatu yang salah dan mendiamkannya lebih baik kita angkat bicara bukan?

Lalu apa yang salah dengan berkomentar?

Dibilang tidak solutif?

Bukankah kita manusia biasa? Bukan manusia supercerdas yang sanggup memberikan jawaban atas apapun?

Bukankah alangkah baik, ketika kita tahu sesuatu itu salah, kita bisa mengajak untuk bersama-sama memecahkan masalah dan mencari solusi?

Bagiku tak ada yang salah dari menjadi tukang komentar

Meskipun, memang kita harus tau tempat dan sebisa mungkin menjauhkan dari menyakiti hati orang lain

0 comments:

Post a Comment